Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Buah Naga


http://wmk.web.id/pack/images/stories/fruit/buahnagamerah.jpg
           Buah berwarna merah ini beratnya 300-600 g, kulitnya serupa sisik ular dan rasanya manis. Buah yang pertama kali ditemukan orang prancis di daerah Guyana, Ameria Selatan pada 1870 ini mulai mudah di dapatkan di pasar. Banyak nama untuk buah berkhasiat ini, yaitu dragon fruit (Eropa), thang loy (Vietnam), pitaya roja (Meksiko), atau kaktus madu (Malaysia). Di Indonesia sendiri popular dengan sebutan buah naga merah.
            Sejauh ini ada 4 jenis buah naga:
1.      Buah naga berdaging putih (hylocereus undatus): kulitnya merah, tapi dagingnya putih, banyak di supermarket, berat 300-600 gram/buah, rasanya asam manis, dan kadar kemanisanya rendah.
2.      Buah naga daging merah (hylocereus polyrhizus): kulit dan dagingnya merah, ukuranya lebih kecil dari buah naga putih, berat 300-500 gram/buah, jarang ditemui di supermarket, rasa lebih manis daripada yang berdaging putih.
3.      Buah naga daging super merah (hylocereus costaricensis): kulit merah dan daging lebih merah dari buah naga merah, jarang di jumpai di supermarket, berat ± 400-500 gram/buah, rasanya lebih manis daripada buah naga merah.
4.      Buanh naga kuning daging putih (selenicereus megalanthus): kulit kuning, tanpa sisik dan berdaging putih, langka di jumpai di supermarket, berat 80-100 gram/buah, rasa paling manis diantara kesemua jenis buah naga.
Khasiat
            Buah naga dibudidayakan di Jombang, Pasuruan, Jember, Mojokerto dan Batu. Panen pada Juli-Oktober, dijual dengan harga berkisar Rp 17.500-Rp 25.000/kg. Sarat antioksidan dan vitamin E yang baik untuk mengobati tumor, kanker, sakit mata, asam urat dan jantung. Sedangkan kadar betakarotinya melebihi wortel, efektif untuk menyembuhkan rematik, penyeimbang kadar gula darah, pengontrol kolestrol dan menguatkan ginjal, tulang dan menajamkan penglihatan.
Saran Konsumsi
            Dimakan langsung dengan cara menyendoki. Rasa segarnya dapat melepas dahaga. Untuk berdiet, buah ini sangat alternatif buah apel. Anda bisa mengolahnya menjadi pie, punch, sorbet, dan ragam dessert lainya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar