Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pepaya


http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/08/13441824941942472558.jpg
          Tumbuhan pepaya serba bermanfaat. Buahya untuk pencuci mulut, bunga dan daunya dibuat sayuran nikmat teman makan nasi, dan akarya untuk obat. Banyak ragamnya, seperti pepaya jinggo yang berwarna jingga yang dagingnya berwarna keunguan. Kemudian pepaya semangka yang rasanya manis seperti semanga hingga dijuluki pepaya madu karena luar biasa manis. Jenis lainya, pepaya cibinong yang berkulit tebal melancip di ujungnya. Warnanya tetap hijau meski sudah ranum dan kurang manis. Pepaya bangkok mirip pepaya cibonang, tapi ukurannya lebih besar, kulit tidak mulus, daging keras, warna jingga kemerahan, dan sangat manis. Ada pula pepaya burung yang harum menyengat.

Khasiat
Akar pohon pepaya mengandung beberapa senyawa yang berkhasiat antara lain papain, papayotin, mironat, mirosin, dan tanin. Air rebusan akar pepaya ampuh membasmi cacing perutdan mampu menyembuhkan penyakit pada beberapa organ seperti ginjal, empedu, malaria, dan kencing batu. Buah pepaya mengandung unsur gizi protein 0,5 g, lemak 0 g, karbohidrat 12,4 g, mineral 0,6 g, kalsium 23 g, fosfor 12 g, besi1,7 g, vitamin A 365 SI, vitamin B1 0,04 mg, vitamin c 78 mg, dan air 86,5 g.
Riset di Taiwan membuktikan, protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan airnya efektif untuk mengatasi penyakit lambung akibat stres. Papain, papayotimin, dan kemopapain-nya meniingkatkan kerja empedu, memperbaikai metabolisme, dan mengontrol kadar lemak darah. Pepaya muda untuk melancarkan ASI dan keluarnya urine, tetapi wanita hamil tidak disarankan memakannya agar tak keguguran. Getah pepaya untuk pengempuk daging, penjernih bir, bumbu penyedap, dan pengental, obat cacing serta pembersih lensa kontak.
Saran konsumsi
Daunnya ditumbuk, diberi sedikit air matang, diperas dan direbus untuk diminum. Getah pepaya bermanfaat menghaluskan, mengencangkan tekstur kulit, dan mengangkat sel kulit mati. Cocok untuk berbagai jenis kulit, termasuk yang sensitif, juga luka akibat tersiram air panas atau terbakar, mengobati jerawat, panu, dan telapak kaki pecah-pecah. Air rebusan akar pepaya dapat membasmi cacing perut, dan menyembuhkan penyakit pada organ tubuh bagian dalam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar